blitab_logo-300x168

     Kristina Tsvetanova, seorang mahasiswi teknik Universitas Sofia, Bulgaria sedang mengembangkan proyek pembuatan tablet bagi tunanetra dibantu oleh kedua temannya, Slavi Slavev dan Stanislav Slavev. Ia terinspirasi oleh para tunanetra yang dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu aktivitas sehari-harinya, baik dalam belajar maupun bekerja.

     “Saya baru menyadari bahwa ternyata selama ini kita begitu mudah bekerja dan berkomunikasi dengan teknologi. Namun, ada kelompok tertentu yang mengalami keterbatasan karena kondisi fisiknya,” ujar Kristina.

     Kesulitan yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam penggunaan tablet diantaranya adalah display tablet yang menggunakan touch screen. Hal ini disebabkan, karena mereka terbiasa menggunakan huruf braille untuk mendapatkan informasi. Huruf braille sendiri merupakan suatu sistem penulisan yang menggunakan titik-titik yang timbul yang mewakili karakter tertentu dan biasanya digunakan oleh penyandang tunanetra untuk memperoleh informasi. Salah satu teknologi dari tablet yang dapat membantu penyandang tunanetra adalah pembaca layar (screen reader) yang dapat mengubah teks menjadi suara. Akan tetapi, harganya masih cukup mahal dan penggunaannya tidak terlalu mudah.

     Kristina sudah mulai menggarap prototype untuk tablet Braille yang diberi nama Blitab ini dengan bantuan dana pemerintah.

     Blitab sendiri tidak jauh berbeda dari tablet pada umumnya, hanya saja terdapat software khusus dan mekanik yang tertanam di dalamnya yang dapat mengubah informasi ke dalam format huruf braille. Tujuan dari Blitab sendiri adalah untuk menampilkan informasi dari tablet dalam bentuk huruf braille.

     “Nanti akan ada semacam silinder atau bulatan kecil yang akan muncul di layar tablet, jadi tunanetra dapat merabanya seperti membaca huruf Braille,” jelas Kristina.

     Kristina berharap dapat menyelesaikan dan mendemonstrasikan Blitab pada akhir 2014. Selanjutnya, ia akan mencari investor untuk mendanai produksi Blitab, yang nantinya dapat didistribusikan ke organisasi yang menangani penyandang tunanetra.

     Silahkan mengunjungi situs resmi Blitab untuk mendapatkan detail informasi dan kabar terbarunya di sini

1956924_813228352063999_6470006558745810071_o

 

 

Sumber :

http://inet.detik.com/read/2014/10/24/094828/2728389/398/blitab-tablet-braille-yang-bisa-diraba

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*