Mata-Daun? Apakah kalian tahu apa itu mata-daun? Apakah mata-daun itu sejenis dengan stomata? Apakah kalian penasaran? Let’s check this out 😀

         Pada saat pertama kali mendengar mata-daun, apa yang terlintas di pikiran kita ? Apakah istilah dalam biologi ? Ternyata bukan, Mata-Daun, merupakan aplikasi android yang tidak sama seperti kebanyakan aplikasi android pada umumnya, yang berfokus pada game, photo editor, atau[un chatting, tetapi aplikasi ini berfokus pada segmen pertanian. Apa maksudnya ? Aplikasi ini mempunyai tujuan agar para petani dapat menghitung jumlah pupuk yang dibutuhkan untuk setiap masing-masing jenis tanaman dengan mudah dan praktis. Cara penggunaan dari aplikasi ini cukup mudah, yaitu cukup memotret daun tanaman yang akan dihitung jumlah pupuk yang dibutuhkan dari tanaman tersebut dan hasil akan terlihat di layar ponsel.

      “Dalam waktu dekat kami akan memasukkannya ke google play store supaya bisa diunduh gratis oleh para petani,” kata peneliti dari Universitas Ma Chung Malang Jawa Timur yang membuat perangkat lunak tersebut, Marcellinus AS Adhiwibawa, di sela pameran “Penguatan Kelembagaan Pusat Unggulan Iptek Se-Indonesia” di Surabaya, seperti dikutip dari Antara (13/06).

        Marcellinus juga menjelaskan bahwa dengan aplikasi Mata-Daun ini, kamera gadget Android yang telah diinstal aplikasi ini dapat mendeteksi warna-warna daun dan mengukur kadar klorofil serta nitrogen pada daun yang telah difoto. Aplikasi ini sangat membantu petani meskipun tingkat keakuratannya hanya 80 % saja.

        Untuk dapat menjalankan aplikasi Mata-Daun ini kita membutuhkan gadget Android dengan spesifikasi minimal menggunakan operating system Android 2.3.5 Gingerbread dan dengan prosesor minimal 1 GB serta ROM 2 GB dan kamera 5.

Sumber : http://www.merdeka.com/teknologi/hadir-aplikasi-android-untuk-pertanian-buatan-anak-negeri.html

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*