Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Android adalah sistem operasi ‘open source’, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.

           Android, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi untuk anak-anak muda jaman sekarang yang menjadikan smartphone berbasis robot hijau ini sebagai kebutuhan pokok mereka. Tidak bisa dipungkiri perkembangan android memang sangat pesat baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya. Selain karena ‘open source’-nya, teknologi ini bisa dimiliki dengan harga yang cukup terjangkau, tidak heran kalau pengguna android di dunia, khususnya di Indonesia sampai saat ini terus bertambah.

               Bukan hanya pengguna yang bertambah, tetapi aplikasi-aplikasi android, sedikitnya tercatat 675.000 aplikasi tersedia di Google Play Store yang dibuat oleh developer-developer dari seluruh dunia. Beberapa contoh aplikasi android yang terkenal saat ini adalah Path, Line, WhatsUp, Instagram, sayangnya semua aplikasi tersebut bukan berasal dari Indonesia. Namun, bukan berarti pemuda-pemudi Indonesia tidak dapat berprestasi di kancah dunia internasional . Saat ini semakin banyak devoloper aplikasi lokal yang tidak hanya memiliki ide segar dan orisinil , tetapi juga berprestasi di dunia internasional. Salah satu aplikasi lokal yang telah mendunia adalah PicMix.

          PicMix  yang merupakan sebuah aplikasi sharing dan editor foto yang dibuat dan dimiliki oleh PT. Inovidea Magna Global. Aplikasi ini asli dibuat oleh orang Indonesia. Selain itu, aplikasi ini bersifat gratis dan sudah terintegrasi dengan beberapa situs jejaring sosial seperti twitter dan facebook.

                Mix Pictures, Share, and Make Friends itulah tagline dari aplikasi buatan anak bangsa ini, dan memang fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengedit foto (mix pictures), berbagi foto bersama teman (share) dan juga berinteraksi dengan teman baru sesama pengguna PicMix (make friends). Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi PicMix ini antara lain :

1. Edit foto dengan filter dan efek

            

2. Menambahkan frame

          

3. Import foto

       

4. Berbagi foto dengan teman

       

         Aplikasi PicMix telah merambah hingga ke 7 negara. Dan penggunanya terus bertambah sekitar 35 ribu pengguna setiap bulannya. Pada bulan Mei 2013 yang lalu, PicMix telah mencapai 10 juta pengguna. Dan saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 16 juta pengguna. Diantanya 35-38 persen adalah orang Indonesia. 13-15% orang Venezuela dan Afrika Selatan, sisanya 7-10% ada di UK (United Kingdom), Timur Tengah, Belanda, Amerika, Kanada, dan India.

               PicMix sering mengadakan foto contest, karena hal tersebut membuat para pengguna aplikasi ini semakin bertambah. Selain itu, dari mulut ke mulut para pengguna PicMix juga membuat aplikasi ini semakin banyak penggunanya. Di BlackBerry App World, PicMix selalu berada di peringkat top five. Di Google Play, aplikasi ini juga selalu berada di peringkat top ten atau top 20.

              Demikian ulasan singkat mengenai PicMix, aplikasi nasional yang mempunyai selera internasional. Maju terus developer Indonesia harumkan nama bangsa dengan karya.

Sumber :

http://www.banguninspirasi.com/2014/01/sukses-picmix-aplikasi-sharing-foto-buatan-Indonesia.html#ixzz39jTMLRe4

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*