Objet1000_3D-Printer-open_low            Adittive manufacture atau 3D printing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dan hampir semua bentuknya dari model digital. 3D printing dilakukan dengan menggunakan teknik adittive, yaitu teknik membuat objek dari sejumlah layer atau lapisan yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya.

             Pada awalnya 3D printing lebih dikenal dengan istilah Rapid Prototyping, yaitu sebuah proses dimana seorang engineer akan mendesign file CAD (Computer Aided Design), lalu mengirimnya ke mesin untuk membuat benda nyatanya. 3D printing yang dapat bekerja dengan baik, pertama kali dibuat oleh Charles W. Hull pada tahun 1986, dimana beliau menggunakan material yang disebut nanocomposite, yaitu gabungan dari berbagai material plastik dan besi. Berdasarkan penemuan Charles W. Hull ini, sekarang 3D printing dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti bidang otomotif untuk membuat bagian-bagian mobil yang rusak, bidang medis untuk membuat organ tubuh untuk aplikasi medis dan lain sebagainya. Salah satu contohnya, yaitu Perusahaan REAL-F dari Jepang yang sudah menerapkan 3D printing untuk melayani para konsumen.

          Cara kerja mesin printer 3D secara umum terbagi menjadi 3 tahapan proses, yaitu model objek 3D, printing dan finishing.

  •   Model objek 3D dapat dibuat dengan bantuan design komputer atau scanner 3D, dimana proses ini menganalisa dan mengumpulkan data dari objek nyata yang bentuk dan penampilannya akan dibuat digital sebagai model tiga dimensi.
  • Pada proses printing dilakukan dengan menggunakan prinsip dasar additive layer. Pada awalnya, mesin membaca rancangan tiga dimensi, kemudian menyusun lapisan secara berturut untuk membangun model dalam serangkaian proses lengkap. Lapisan-lapisan ini dihubungkan oleh model virtual (3D model) yang digabungkan secara otomatis untuk membentuk susunan lengkap yang utuh.
  • Pada tahap finishing dapat dilakukan secara manual untuk menyempurnakan bagian-bagian kompleks yang mungkin disebabkan oleh oversized atau ukuran yang berbeda dari yang diinginkan.


Berikut ini beberapa hasil dari printer 3D

3d-Printing-Pizza

printer 3d

 

 

 

 

Sumber : http://blog.finderonly.net/2014/teknologi-printer-3d-mesin-printing-canggih.html

 

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*