Sebagai pengguna smartphone Android, kita pasti terbiasa dengan aplikasi-aplikasi buatan luar negeri. Namun, apakah pernah terpikirkan oleh kita, adakah aplikasi Android buatan dalam negeri ? Jawabannya adalah ya, ada aplikasi buatan dalam negeri yang layak kita coba. Sebenarnya tidak hanya satu atau dua aplikasi saja, tetapi sudah mencakup ratusan aplikasi di setiap sektor tertentu. Kali ini, akan di bahas tiga aplikasi buatan dalam negeri di sektor ekonomi dan lalulintas.

1.   Komutta

       Apabila Anda yang sedang bepergian dan Anda adalah seorang pengguna kendaraan trasportasi umum, maka Anda patut untuk mencoba aplikasi ini. Aplikasi yang bernama Komutta ini memberikan fitur untuk membantu para pengguna kendaraan transportasi umum untuk mengetahui informasi kendaraan transportasi umum. Beberapa fitur yang tersedia antara lain :

          a)  Transjakarta

Informasi di dalam aplikasi ini cukup fungsional, yaitu dengan mengetikan tujuan atau lokasi, maka komutta akan memberikan petunjuk lengkap serta informasi lain, yaitu apabia tiba-tiba Anda ingin pindah ke bus transjakarta lain pada koridor tertentu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan GPS, sehingga Anda akan bisa memantau parjalanan Anda melalui peta.

          b)  KRL

Pengguna KRL dapat memasukkan data dari stasiun mana Anda hendak pergi, dan stasiun tujuan, maka komutta akan memberikan informasi jadwal lengkap berupa jadwal keberangkatan, nama KRL serta rute yang akan ditempuh.

          c)  Taxi

Jika Anda adalah seorang pengguna taxi, maka aplikasi ini akan memberikan nomor telepon resmi dari berbagai taxi yang beroperasi di Jakarta khususnya dan di daerah lain.

          d)  Bus

Pada fitur ini, Anda akan menemukan kendaraan umum lengkap seperti kopaja, bus, metro mini hingga angkutan umum angkot. Hanya dengan input lokasi tujuan Anda, maka aplikasi kommuta akan menampilkan daftar semua kendaraan yang memiliki rute yang sesuai dengan tujuan Anda, sehingga tidak perlu bingung dan tidak menyita waktu banyak.

2.  Bakoel

Aplikasi Bakoel, seperti namanya yang hampir mirip dengan kata “bakul”, yang artinya seorang pedagang. Aplikasi ini membantu Anda yang sering berurusan dengan data transaksi, seperi dagang dan transaksi lainnya. Desain yang digunakan dapat digunakan oleh para pedagang dan memberikan kemudahan karena dapat membuat database sendiri yang bisa disesuaikan. Setelah membuat database, maka input data transaksi bisa alangsung dilakukan dan apabila Anda ingin melihat semua data transaksi, maka cukup menyentuh tombol “report”, maka akan menampilkan data transaksi sesuai waktunya seperti jam, tanggal, tahun, kode produk, jumlah produk, diskon dan lainnya. Selain itu, appabila Anda ingin menampilkannya dalam ukuran besar, maka Anda bisa mengonvert ke Ms. Excel, yang sudah tersedia di dalam menu.

3. Cek Tagihan

Aplikasi ini, memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah tagihan listrik, PDAM, Telkom dan menyediakan menu lainnya seperti layanan TV kabel, finance serta pembelian pulsa. Namun,  dengan catatan Anda harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Setelah Anda berhasil melakukan proses registrasi,maka Anda dapat menikmati fitur dari aplikasi ini.

Sumber : http://dadan0793.wordpress.com/2014/08/18/nih-aplikasi-android-buatan-anak-negeri-yang-harus-kamu-coba/

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*