wew1

Salah satu hotel di Nagasaki, Henn-na Hotel, akan menggunakan robot dalam melayani tamu hotel. Rencananya mereka akan menggunakan layanan robot itu pada musim panas tahun ini atau sekitar Juli.

Seperti dilansir Telegraph, Selasa (3/2/2015), robot itu adalah Actroid Android, yakni robot yang menyerupai seorang manusia.

Actroid Android telah dikembangkan oleh Osaka University, dan diproduksi oleh perusahaan bernama Kokoro, perusahaan yang juga melisensi Hello Kitty.

Actroid Android mampu tersenyum dan menyambut tamu, membawakan koper ke kamar, serta membuat kopi.

Actroid Android kali pertama diperkenalkan pada 2003, model tersebut terus disempurnakan menggunakan teknologi sekarang. Robot tersebut menyerupai wanita Jepang yang mampu berbicara bahasa Jepang, Tiongkok, Korea, dan Inggris.

Akan ada tiga Actroid yang menggunakan seragam dan bertugas sebagai resepsionis di Henn-na Hotel. Selain itu ada empat robot pelayan dan robot porter yang bertugas memberikan layanan kamar. Dan ada beberapa robot yang bertugas bersih-bersih.

Dengan layanan super canggih itu, Henn-na Hotel mematok tarif minimum kamarnya senilai 7.000 yen atau setara dengan Rp749.000.

Tarif mungkin terbilang murah karena penggunaan robot tersebut menggunakan perangkat hemat energi seperti lampu LED dan energi terbaru. Hal tersebut diharapkan bisa mengurangi biaya operasi.

“Kami ingin menarik pengunjung ke tempat dengan pemandangan alam dan juga sebuah hotel pintar. Ini bisa menjadi sesuatu yang bisa kami sebarkan ke seluruh Jepang, bahkan dunia,” kata seorang juru bicara.

Apabila uji coba tersebut berhasil, pada 2016 mendatang layanan robot itu akan dikembangkan lagi.

SUMBER       :

http://www.solopos.com/2015/02/08/teknologi-baru-hotel-jepang-gunakan-robot-pelayan-575336

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*